Herbal Sehati

Mengobati Luka Bakar Agar Cepat Kering Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Luka bakar ini adalah keadaan yang sangat menyakitkan dan sering meninggalkan bekas di kulit tergantung tingkat keparahannya. Agar bisa cepat kering anda jangan sampai keliru ketika mengobatinya, karena ada beberapa tingkatan dalam penanganannya yang harus di ketahui.

Cara Yang Benar Mengobati Luka Bakar

Hati-hati dalam merawat luka bakar agar cepat sembuh, karena jika salah dalam menanganinya tentu bukan hanya akan jadi sulit sembuh, namun bisa beresiko mengalami infeksi.

Mungkin anda pernah mendengar bahwa bahan-bahan yang ada di rumah seperti odol, mentega dan kecap sering menjadi obat oles untuk mengatasi luka bakar. Padahal menurut pendapat dari spesialis kulit “dr I Gusti Nyoman Darma, SpKK”, hal tersebut merupakan tindakan yang tidak benar. Karena di khawatirkan apabila luka bakar cukup parah dan bahan-bahan tersebut tidak steril, khawatir memicu timbulnya infeksi kulit.

Cara Mengobati Luka Bakar Yang Ringan

Untuk luka bakar jenis ringan, biasanya bisa di kenali dengan warna kulit yang berwarna merah dan sedikit membengkak. Cara mengobatinya cukup dengan mengguyurnya dengan air dingin yang mengalir seperti air keran. Setelah itu cukup di perban atau di tutup dengan kain yang bersih atau steril. Luka bakar jenis ini umumnya akan segera mengering dalam waktu 3-5 hari tergantung tingkat keparahannya.

Jangan melakukan hal yang ceroboh, tidak sedikit orang karena rasa perih di kulit lantas sering menaruh es di atasnya karena bisa terasa dingin. Padahal tindakan tersebut malah bisa memperburuk luka dan membuatnya sulit mengering.

Mengobati luka bakar sedang

Biasanya untuk luka bakar ini akan menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan pada awal, lalu kulit memerah dan melepuh. Jika anda mengalami luka bakar jenis ini, tindakan yang tepat untuk mengatasinya yaitu pertama siram dengan menggunakan air dingin selama 10 sampai 15 menit. Lalu olesi dengan salep antibiotik atau obat pereda nyeri dengan segera.

Jangka waktu penyembuhan untuk luka ini, biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 minggu tergantung kedalaman luka yang dialami. Perawatan pertama pada saat terjadinya luka juga mempengaruhi masa penyembuhan itu sendiri.

Mengobati luka bakar yang cukup parah

Untuk mengenali luka bakar yang tergolong parah bisa dilihat dengan cara berikut ini, luka bakar yang parah umumnya mengakibatkan warna kulit menjadi gelap dan mengalami penebalan yang cukup banyak. Bahkan kulit melepuh, berwarna putih seperti lilin atau bahkan menjadi kasar.

Luka bakar jenis ini tergolong serius dan penangananya tidak boleh asal-asalan, karena apabila tidak tepat dalam mengatasinya bisa berakibat fatal dalam jangka panjang. Untuk mengobati luka bakar yang cukup parah sebaiknya jangan di rawat sendiri di rumah, dianjurkan untuk segera meminta pertolongan medis atau merujuk ke pihak medis untuk mendapatkan perawatan luka yang tepat untuk menghindari kecacatan atau resiko berbahaya lainnya.

Itulah cara yang tepat mengobati luka bakar agar cepat kering, jadi sebelum bertindak anda harus mengenali dulu tingkatan luka yang dialami agar tidak salah dalam perawatannya.

Bahan-bahan Alami Yang Biasa Di Gunakan Untuk Obat Oles Luka Bakar

  • Mentimun
  • Lidah buaya
  • Madu
  • Chamomile
  • Yoghurt

Jika luka bakar yang anda alami masih kategori ringan dan sedang, untuk membantu proses penyembuhan luka bakar agar cepat kering, anda juga bisa mengolesi dengan beberapa bahan alami seperti di atas yang sangat mudah di temukan. Banyak yang mempercayai bahwa bahan alami tersebut sangat efektif dalam menyembuhkan luka bakar secara alami.

Ariani Wulandari Ayu

Dalam Hidup Saya Waktu Dan Kesehatan Merupakan Dua Aset Paling Berharga, Kesalahan Terbesar Ketika Kita Mengorbankan Kesehatan Untuk Sesuatu Lain Dari Jenis Kebahagiaan.

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.